Sunday, February 15, 2015

MENELUSURI KEINDAHAN PANTAI YOYO SUMBAWA BARAT

Liburan semester III akan segera berakhir. Liburaan kali ini yang paling berkesan dibandingkan 2 edisi liburan sebelumnya. Yaap, lebih banyak tempat yang saya kunjungi, dengan semangat yang lebih "dewasa". 

Salah satu spot menarik yang menjadi destinasi selama liburan adalah pantai Yoyo. Letaknya di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk sampai ke sini, butuh waktu sekitar 1 jam dari Ibu Kota Kabupaten Sumbawa Barat, Taliwang menggunakan sepeda motor atau mobil dengan medan aspal yang bagus, serta kelokan - kelokan landai khas pegunungan. 

Saya disambut oleh tugu mayung (rusa) setiba di Kecamatan Sekongkang. Rusa adalah salah satu satwa yang masih banyak hidup di daerah ini. Tapi sayang, keberadaanya sudah mulai terancam dengan maraknya peburuan oleh masyarakat. 


Pantai ini terletak di pinggir jalan, jangan khawatir tersasar karena ada penanda yang jelas menunjukan lokasi pantai Yoyo.



Hal pertama yang berkesan di pantai ini adalah pasirnya yag sangat putih dan ombak yang menggulug - gulung tinggi. Itu mengapa dinamakan Yoyo, karena ombaknya memang menggulung cepat seperti yoyo. 

Kebersihan juga jadi nilai lebih di pantai ini, tidak ada sampah yang berserakan, sepi (khas-nya pantai - pantai Sumbawa Barat) dan sangat pas untuk lokasi berjemur sembari bercengkrama menikmati ombak. Di sini juga merupakan salah satu spot surfing terbaik yang ada di Indonesia. Bagi yang gemar dengan olahraga ini,  sekali mencoba menaklukan ombak Yoyo saya pikir hukumnya fardhu. 





Di bagian utara pantai ini banyak terdapat tebing - tebing yang belum seluruhnya mengalami erosi. Kekuatan ombak serta angin selama beratus tahun menghasilkan relief -relief indah yang mampu menjadi pemanis keindahan pantai ini. Banyak struktur-struktur geologi yang nampak, mulai dari kekar, sea cave dan lain-lain. 

Kesenangan tersendiri berkunjung ke sini, selain menikmati pantai, namun tetap melatih pikiran dengan mempelajari kenampakan - kenampakan alam yang terlihat.







Ketika penat melanda, tak ada salahnya menyempatkan diri beryoga di salah satu sudut pantai, menghadap hampara laut lepas, mensyukuri keagungan Tuhan yang luar biasa. Suasana sepi, ombak dan angin sepoi, menghasilkan relaksasi pikiran yang akan membuat kita lupa penatnya masalah kehidupan yang terus melanda. 



Jika ingin bermalam, ada banyak bungalow di sekitar pantai Yoyo yang bisa menjadi alteratif lokasi penginapan. Jangan lupa sempatkan untuk mencoba menu - menu masakan khas Kabupaten Sumbawa Barat seperti sepat atau singang.


#AyoKeSumbawa




No comments:

Post a Comment