Saturday, October 26, 2013

BERKENALAN DENGAN GEOFISIKA

Apa yang kita lakukan jika kita ingin mengetahui struktur interior Bumi ? Apakah kita harus melakukan pengeboran ? Pengeboran terdalam saja hanya hanya 12 km, sementara jari-jari bumi ~6400 km. Lalu apakah kita akan mengebor juga untuk elihat lebih dalam lagi ? Tidak praktis kalau setiap kali ingin tahu apa yang ada di dalam (bawah-permukaan) bumi kita harus melakukan pengeboran.

Jadi ? Kita perlu cara atau metodologi ilmiah untuk memperkirakan bagian dalam (interior) bumi metoda tak langsung/indirect method. and that is Geophysics :D

Apa GEOFISIKA itu ? Geofisika adalah Aplikasi teori / konsep FISIKA untuk
mempelajari BUMI (khususnya bagian bumi padat)
Physics of the solid Earth
Solid Earth Geophysics
Applied Science

Geofisika tersusun atas 3 komponen  utama: Geologi, Fisika dan Matematika, yang didukung oleh 3 kemampuan lain yaitu instrumentasi, obsevasi, dan komputasi.
Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengetahui struktur bawah bumi menggunakan metode geofisika. Beberapa metode yang bisa digunakan misalnya seismik, magnetik, gravity, dan masih banyak lagi.  

Dengan Kondisi tektonik dan geologi Indonesia yang penuh potensi bencana: gempa bumi, tsunami, gunung-api, gerakan tanah, …
Serta potensi sumber daya alam: migas, mineral, geotermal, …

Maka  GEOFISIKA akan memiliki peran penting untuk mengkaji masalah kebumian dan

sumberdaya alam yang ada. sehingga ini mengakibatkan GEOFISIKA menjadi salah satu pilihan karir dengan prospek yang cukup baik.

Daftar Pustaka

hendragandis.wordpress.com

No comments:

Post a Comment